-->

ToS: Eksklusif test (day 1)

Posted by Mimid on
Tempat lahir (~',')~
Hype hype hype~
Yak, boleh dibilang day 1 dari eksklusif tes ToS indonesia bisa dikatakan cukup. Meskipun baru buka dari jam 11:00 WIB tadi, sekarang banyak banget bug bug yang bikin susah main wkwk. Terutama bug Cooldown skill, maklum la yah belom rilis bener hehe.

Daripada nungguin Cooldown skill yang berjam jam (ada yang sampe 20 jam :o), gue coba bedah dikit dikit apa yang ada di ToS ini.

How to move
Banyak sekali game mmorpg masa kini yang memakai key movenya WASD, tapi ToS disini malah menggunakan tombol arrow untuk melakukan move(default config). Agak canggung kalau biasanya make WASD terus pindah arrow, soalnya gue pikir bakalan ribet megang mouse sama tombol arrow. Tapi ternyata mouse disini tidak begitu dipakai. Pada saat mengeluarkan skill, skill akan keluar sesuai kemana arah karakter kita menghadap, bagi job job range juga ada fitur lock target dengan ctrl dan memilih target dengan tab. 
Shortcut skill juga simple. yaitu barisan ASD... lalu QWE... sampai 123..., jadi player main hampir tanpa mouse.
Modenya sih banyak, pake mouse( ini pake wasd kayaknya), key, ato joystick( gak punya joystick).
Kontrol dasar



Leveling?
Udah banyak guide leveling yang beredar dikhalayak umum, tapi yang pasti ngikutin Quest, soalnya banyak sedikit quest memberikan EXP card. Dan beberapa guide yang gue baca ada kata-kata "simpanlah exp card sebanyak-banyaknya(Exp card level 3++)" soalnya pada beberapa level kita bisa skip langsung ke level terntentu dengan banyak make exp card, soalnya kalo grinding waktu lvl segitu susah/seret/modal banyak mungkin. Banyak hidden quest dan hidden npc, hanya quest utama yang ada tandanya di map. Usahakan melakukan quest bersama teman/ melakukan party disaat grinding, karena dengan party kita bisa kill mobs dengan cepat dan begitu pula dengan expnya.
Ada monster jackpot yang berisi exp 10x atau bahkan 100x dari monster lainnya, monster tersebut biasanya berwarna berbeda (seingat gue biru, ini ditest hari ini belom ketemu samasekali), jadi membunuh monster tersebut sama dengan membunuh 100x monster.

User Interface
Bahasa, dalam tahap ini translate mulai dari menu, keterangan skill, dan percakapan npc masih banyak yang belum ter-translate kan ke bahasa indonesia, gue sih setuju-setuju aja di-indonesiakan asal jangan terlalu kaku dan google translate banget jadinya, ya banyak waktu tim ToS indonesia harus banyak membenahi bagian ini, atau mungkin nanti ada dari komunitas yang mau melakukan translate sukarela (fansub kadang lebih ngena lho bahasanya haha).

Btw gue make class swordman, maunya jadi tank-tank an gitu entarnya. Belum sempet mainan lama dan nyari nyari bug secara teliti. See ya next day~