-->

Trivia Pokemon GO

Posted by Mimid on

Setelah pasang DP nangkep Pokemon diruang tamu di BBM, banyak dari kontak teman-teman saya menanyakan "Wah udah keluar?" "Wah game apaan tuh?" saya mulai menjelaskan pelan-pelan tentang game apa itu, bagaimana mendapatkan/cara menginstal aplikasinya. Setelah fase tersebut, banyak yang nanyain soal "Gimana jalannya?" "Ini diapain?" (~',')~ okeh, ini sedikit hasil riset pribadi, diskusi dan comot sana-sini.

Getting Started: 
Untuk sementara ini global official launch belum dilaksanakan, jadi untuk bisa mencicipi game ini pada platform Android bisa menggunakan apk apk yang ada disini ataupun menggunakan Qooap 

Trainer.
Setelah berhasil masuk kedalam game, kita bisa memilih appreance character dan gender.

1st Pokemon.
Terdapat 3 Pilihan pokemon Starter yaitu, Bulbasaur, Squirtle, dan Charmeleon, Tap pada salah satu pokemon tersebut untuk menangkap. Dan disini kita diajari bagaimana cara menangkap pokemon menggunakan Pokeball.
Pikachu juga bisa didapatkan pada saat memilih starter
Memilih Pikachu saat memilih starter/1st Pokemon:
Pada saat memilih Pokemon Starter, kita diberi pilihan untuk memilih 3 Pokemon awal yaitu Squirtel, Bulbasaur, dan Charmander. Namun ada cara agar pilihan tersebut bertambah yaitu Pikachu. Dengan menghiraukan ketiga pokemon yang muncul, lakukan move/jalan menjauhi 3 Pokemon tersebut. Nanti setelah terlalu jauh akan muncul kembali ketiga Pokemon tersebut, lakukan move menjauhi 3 Pokemon tersebut sampai akhirnya muncul Pikachu. Viola, kamu bisa menangkap Pikachu pada awal game :)

PokeStop.
Tampilan PokeStop setelah di tap

Sumber dari segala sumber item in game ini (terlepas dari cash shop). Swipe gambar PokeStop untuk mendapatkan item. Semakin tinggi level trainermu maka semakin banyak varian Pokeball maupun item yang bisa kamu dapatkan di PokeStop ini. Terdapat Cooldown selama kurang lebih 5 menit setelah melakukan swipe pada satu PokeStop. Jika terdapat PokeStop di daerahmu, berkeliling sambil mengunjungi semua PokeStop sangat disarankan. Namun jika hanya ada sedikit pokestop, jika ingin melakukan farming, lebih baik berdiam selama 5 menit pada 1 PokeStop, karena tidak terdapat batas maksimum melakukan farm, hanya terdapat cooldown.


Team, PokeGym & Battle.
Sementara ini melakukan battle hanya terjadi di PokeGym, untuk bisa merasakan fitur ini kita perlu meningkatkan level trainer kita ke level 5, dan memilih tim. Ada 3 tim yaitu kuning, biru, dan  merah. Pastikan teman kalian satu tim jika ingin bermain bekerja sama dalam tim. Keuntungan memiliki Gym adalah pada setiap 20 jam sekali, kita dapat mengklaim PokePoint sebanyak 10xJumlah Gym yang kita kuasai.

Nearby Pokemon
Indikasi Pokemon terdekat, terdapat kaki-kaki yang merujuk pada jarak pokemon tersebut (sayangnya tidak ada arah), perkiraan jarak tafsir dari kaki tersebut: Perfootsep = 40m.
Yang pasti Kalau Footsep hilang, berarti pokemon sangat dekat dengan kamu :)

Capture Pokemon
Teknik yang sering saya gunakan adalah berkeliling sambil menunggu handphone bergetar, karena spawn spot dan time pokemon disini random. Spawn spot bisa terlihat seperti daun terbang di map, kita bisa mendatangi spot tersebut lalu menunggu sampai pokemon muncul.
Setelah pokemon muncul, tap pada pokemon yang ingin ditangkap, lalu kita akan berpindah ke capture mode
Ada Pokeball, dan pokemon dilayar. Swipe pokeball ke arah Pokemon untuk melemparkan Pokeball, pastikan Pokeball kita mengarah ke Pokemon dan lingkar berwarnanya.
Ada 3 Lingkar warna : Green(Easy to capture) Orange (Medium to capture) Red (Hard to capture).

Exp Trainer
Hampir semua action pada game menghasilkan Exp, yang utama antara lain Capturing Pokemon, Evolving Pokemon, Winning Gym Battles, Visiting Pokestops. Untuk exp yang didapatkan nanti akan segera diupdate~

Capture Pokemon:
Menangkap Pokemon meningkatkan Exp dari trainer, Basic Exp yang didapatkan pada saat menangkap Pokemon ada lah 100exp. Namun jangan khawatir, dengan melakukan penangkapan/pelemparan teknik yang berbeda akan memberikan Exp tambahan. Tidak lupa pula jika kita menangkap Pokemon baru kita mendapatkan bonus Exp sebesar 500xp.
Curveball

Great Throw

Excellent Throw

New Pokemon dan Teknik Throw stack
CP
Boleh dibilang Pokemon power, logika semua game semakin besar nilainya semakin kuat karakter tersebut :D
Untuk menaikan CP pada pokemon, kita bisa melakukan Power Up yang mengkonsumsi Stardust dan Candy. yang bisa didapatkan dari menangkap pokemon sejenis.

Evo
Evo pada pokemon membutuhkan Candy dari pokemon tersebut, jumlah candy yang diperlukan untuk melakukan evo juga bervarian, tergantuk evo ke berapa maupun jumlah maksimum evo pokemon tersebut.
Semakin besar CP sebelum evo, maka semakin besar CP yang didapatkan setelah evo. Jadi sebelum evo, jika ingin memaksimalkan CP, power up terlebih dahulu Pokemon tersebut sebelum melakukan evo sampai tidak bisa di powerup lagi.


Mungkin sekian dulu, nanti diupdate disini juga. Terimakasih